Sabtu, 07 April 2012

Cara Membuat Objek Game maker Part 2

artikel kali ini adalah terusan dari artikel sebelumnya, nah kali ini saya akan membahas tentang event di dalam menu objek, event disini dapat di artikan sebagai control pada setiap sprites. ada berbagai macam event dan kegunaanya masing - masing. nah sekarang saya akan menjelaskan fungsi dari setiap event itu sendiri.

- Create event = menu ini berfungsi untuk membuat suatu event (kejadian) ketika objek tersebut dibuat. menu ini biasanya digunakan untuk membuat variable objek dalam game.

- Destroy event = menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian ketika suatu objek dihancurkan dalam game. akan tetapi menu ini jarang di pakai karena sudah diwakili oleh destroy instance.

- Alarm event = menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang telah kita set waktunya.

- Step event = menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang terjadi disaat suatu objek melakukan gerakan misalnya bergerak, melompat, atau menembak.

- Collision event = menu ini berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang persis ketika suatu objek bertumrukan atau menyentuh objek lain. menu ini sangat efektif untuk membuat kejadian apakah yang akan terjadi jika peluru menyentuh karakter atau bila karakter menyenyuk power up atau item.

baca artikel selanjutnya untuk mengetahui fungsi event yang lainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar