Sabtu, 07 April 2012

Cara Membuat Objek Game maker Part 3

masih pada semangat untuk membaca artikelnya? sebentar dulu ya ane buat kopi dulu. udah agak ngantuk soalnya. hehehe. 
yuk kita lanjutin pembahasanya, artikel kali ini adalah lanjutan dari cara membuat objek game maker part 2.
nah pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan 5 fungsi event. kali ini saya akan meneruskan fungsi - fungsi event lainya. 
- Keyboard event = berfungsi untuk membuat kejadian yang terjadi ketika setiap tombol di keyboard di tekan, misal bila keyboard di tekan maka akan membuka jendela inventori atau arah panah untuk mengerakan karakter.

- Mouse event = berfungsi untuk membuat suaatu kejadian yang terjadi pada saat ada interaksi dengan mouse.

- other event = merupakan event yang paling bervariasi. 

-outside event = berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang terjadi pada saat suatu objek meninggalkan ruangan(room). contohnya karakter jatuh dari jurang / tebing.
 
- boundary event = fungsinya hampir sama dengan outside event, namun boundrary akan terjadi walaupun hanya sedikit bagian dari objek yang keluar dari room.

- Views event = berfungsi untuk menampilkan room dan sudut pandang berbeda, event ini biasa digunakan dalam game 3D.

waduh banyak banget ya macem - macem event nya. pada masih semangatkan. yaudah ane terusin lagi pembahasannya. 


- Game start event = berfungsi untuk membuat suatu kejadian yang terjadi pada saat permulaan game, event ini biasanya digunakan untuk memanggil load data secara otomatis (loading).

- Game end event = kebalikan dari start event.

- room start event = berfungsi untuk membuat suatu kejadian dalam game yang terjadi pada saat stage dimulai. biasa digunakan untuk menganalisis objek - objek dalam game.

- No more lives = berfungsi untuk membuat suatu kejadian di dalam game maker yang terjadi pada saat semua nyawa telah habis terpakai. contohnya ( game over)

- End of animation = berfungsi untuk membuat suatu kejadian dalam game yang terjadi pada saat animasi suatu objek berakhir.

- close button = event ini hanya kana berfungsi jika mendisable fungsi - fungsi treat close button as key yang ada pada global game setting - ] other.

- Drawing event = berfungsi untuk menggambarkan suatu objek, misalkan health suatu karakter, mengambar pollingan ( dalam game 3D).

sekian penjelasan mengenai fungsi dari menu event. semoga anda bersemangat membuat game sendiri. teruslah berimajinasi dan berinovasi. ciptakan game anda, dan selamat membuat game, have fun game maker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar